Selasa, 18 Oktober 2016

BAHASA INDONESIA MKDU4110 MODUL 1


SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

KEGIATAN BELAJAR 1 : Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia

Bahasa adalah alat komonikasi yang sangat penting dalam kehidupan bersosialisasi. Bahasa yang kita gunakan diindonesia adalah Bahasa Indonesia , dimana bahasa ini terlahir dari bahasa Melayu. Factor –faktor yang menyebabkan bahasa Melayu dijadikan sebagai dasar terlahirnya bahasa Indonesia adalah :

  1. Bahasa Melayu merupakan lingua franca (bahasa penghubung atau bahasa perdaganggan ).
  2. Bahasa Melayu mempunyai system yang sederhana dan mudah dipelajari.
  3. Suku bangsa jawa dan sunda telah dengan suka rella menerima bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional.
  4. Bahasa melayu masih berkrabat dengan bahasa-bahasa lain di Nusantara.

Perkembangan bahasa dapat dibuktikan dari penemuan-penemuan prasasti-prasasti kuno seperti :

Prasasti Kedudukan Bukit (683 M), Talang Tuo (684 M), Kota Kapur (686 M), Karah Barashi (686 M). Bangsa eropa yang telah menemukan bukti tentang bahasa melayu/Indonesia berasal dari kepulauan barat adalah PAGAFETTA.

Bahasa Indonesia pertama kali dicetuskan sebagai bahasa nasional sejak 28 oktober 1928 yaitu dalam peristiwa Sumpah Pemuda.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki beberapa fungsi :

  • Lambang kebanggaan nasional

Bangsa Indonesia mencerminkan nilai-nilai social budaya yang mendasari rasa kebanggaan kita. Bahasa Indonesia menyatakan harga diri dan nilai-nilai budaya yang dijadikan pegangan hidup. Rasa bangga itu kita wujudkan dengan lebih suka mengunakan bahasa Indonesia dari pada bahasa atau kata-kata asing.

  • Lambang identitas nasional

Sebagai Lambang identitas nasional bahasa Indonesia menunjukan gambaran bangsa Indonesia , sebagai bangsa Indonesia kita harus menjaga bahasa Indonesia agar kita bisa mencerminkan watak , sifat dan kepribadian bangsa Indonesia yang sebenarnya.

  • Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang social budaya dan bahasa

Dalam fungsinya sebagai alat pemersatu,  bahasa Indonesia mampu menyatukan seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari latar belakang social budaya yang berbeda – beda , bahasa yang berbeda –beda untuk saling menyatu dalam kebangsaan , cita-cita dan perasaan senasib. Hal ini tampak jelas sejak diikrarkannya sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928.

  • Alat penghubung antar budadaya dan antar daerah

Dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional masyarakat Indonesia akan lebih mudah berkomonikasi satu sama lain, meskipun berasal dari daerah yang berbeda dan dengan bahasa yang berbeda tapi dengan bahasa Indonesia masyarakat Indonesia bisa berkomonikasi dengan baik. Pemerintah pun bisa lebih mudah menmberikan informas-informasi kepada masyarakat.



Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara memiliki beberapa fungsi :

  • Bahasa resmi Negara

Dalam fungsinya sebagai bahasa resmi negara , bahasa Indonesia dipakai dalam berbagai kegiatan kenegaraan , baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan.

  • Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan

Dalam fungsinya sebagai pengantar dalam lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi diseluruh wilayah Indonesia.

  • Alat penghubung ditingkat nasional

Bahasa Indonesia digunakan sebagai alat penghubung / alat komonikasi oleh pemerintah dan masyarakat luas , alat penhubung antar daerah ataupun antar suku yang berbeda-beda.

  • Alat pengembang kebudayaan nasional , ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahasa Indonesia adalah satu –satunya bahasa yang digunakan untuk membina dan mengembangkan kebudayaan nasional, selain itu juga digunakan untuk memperluas ilmu pengetahuan dan teknologi modern baik melalui penulisan buku-buku, penerjemahan , penyajian pengajaran dilembaga-lembaga pendidikan umum maupun melalui sarana-sarana lain dailuar lembaga pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar